KakaTriaa Blog
Cerbung BaDai: part VII “Semakin Dekat Semakin Manis”

4/09/2013 @ 3:04 PM | 0 Comment [s]

Casts: Cindai, Bagas, Difa, Novi, Gilang, Dinda, Salma, Fatah, Chelsea, Angel Idola Cilik

Aku engga nyangka bisa sereflek itu memeluk Bagas dan kayaknya Bagas juga engga menolak, ya ampun rasanya malu banget. Anak anak mungkin sontak berpikir yg engga engga deh.
Mendapati namaku dipanggil untuk lolos ke babak berikutnya, anak anak langsung memberi ku selamat.
“Selamat ya ndai”
“Iya selamat! Aku yakin kamu bakal lolos”
“Terus berjuang ya, kita semua dukung kamu sama Difa kok”
Mereka semua menyelamati ku kecuali dia… Saat anak anak masih dengan eoforia bahagia atas ke’lolosan aku dengan Difa, cuma dia aja yg terlihat biasa.
“Gas, makasih ya” ucap ku padanya
“Makasih buat apa?” tanyanya heran
“Yaa buat semuanya”
“Hmm” responya tanpa ekspresi lalu pergi
Aku engga tau otaknya terbuat dari apa, ada anak seperti dia? Kadang bisa sangat jutek tapi kadang juga manis. Rasanya pikirannya ku udah tambah kacau gara gara dia yg aneh. Terlepas dari keanehan Bagas, anak anak kembali memberi ku selamat.

***

Aku dengar dengar, next pertandingannya diadain lusa alias dua hari lagi. Sip bisa prepare dulu mau nyanyiin lagu apa di penampilan selanjutnya. Kadang aku sama Difa suka diskusi masalah ini.
“Ndai, kamu mau bawain lagu apa entar?” tanya Difa
“Duh aku engga tau nih fa, belom kepikiran” jawabku bingung
“Hmm aku juga engga tau sih mau nyanyi lagu apa. Hehehe”
Lagi asik bingung bingungan sama Difa di kelas, anak anak datang dengan rusuhnya
“Ciyeeeeeeeeeeeeeee lagi bahas project bareng nih kayaknya” ucap Novi
“Hey kalian udah tau mau nyanyi lagu apa?” tanya Gilang
“Nah itu lang daritadi kita mikirin, mau nyanyi apa ya…” jawab Difa
“Yaaaaaaahhh gubrak! Kirain persiapan udah matang eh ini malah belom nentuin mau nyanyi lagu apa” ujar Salma
“Hahaha iya nih kita bingung…” jawabku
“Ada ide gak?” tanya Difa
“Fa kamu nyanyi yg ceria ceria aja, kamu kan lucu tuh” ungkap Dinda
Sontak anak anak langsung liat ke dinda sambil “Ciyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee”
“Ih apaan sih, kan cuma kasih saran doang” jawab Dinda malu malu
“Ooooohhhh” anak anak serentak!
Masih belom kelar kita membahas soal lagu, tiba tiba ada seorang anak kelas kami juga masuk ke kelas dengan antusias dan menginformkan kita sesuatu.
“Eh eh ke lapangan sekarang yuk, Bagas lagi tanding ama Josia tuh di lapangan basket”
Tanpa berpikir panjang, kami melihat satu sama lain seperti sudah tau mau ngelakuian apa dan langsung pergi ke lapangang. Cuss…!!!

-di Lapangan-
Anak anak udah banyak yg ngumpul, masing masing menyemangati jagaoannya. Ada team Bagas dan Josia yg lagi tanding – mereka mewakili kelas masing masing, kelas VII 1 dan VII 5. Entah Bagas melihat kami atau engga tapi yg jelas ada yg ngeliatin aku daritadi.
“Eh elo ngapain di sini? Emang loe anak kelas VII 1 ato 5, hah?!” Chelsea nyolot yg daritadi udah merhatiin kami sinis
“Eh emang ini lapangan nenek moyang elo apa?!” Salma balik nyolot
“Yang jelas pertandingan ini cuma boleh diliat sama kelas yg bersangkutan” tambah Angel
“Ih lebay banget lo gel, sejak kapan ada peraturan kayak gitu?” tanya Gilang
“Sejak saat ini!” Chelsea perjelas
“Udah deh mending loe loe pergi aja, urusin mading sana!” Angel mulai mengusir kasar
Gerah banget dengan omongan mereka, niat mau nonton malah ditonton orang karena keributan kita.
“Chel, gel kenapa sih kalian ngeributin yg gak penting. Kita kan bisa sama sama nonton di sini” ujar ku dengan sedikit meredam kekacauan
“Hah sama sama nonton?! Loe tuh merusak pemandangan tau gak?!” jawab Chelsea tambah nyolot
“Udah lah ndai, percuma ngeladenin orang kayak dia” Ucap Gilang
Baiklah kami menyudahkan kekacauan itu, kami mulai meninggalkan lapangan namun baru mau beranjak dari lapangan keributan kembali terjadi, ya kini terjadi di lapangan. Ya ampun entah gimana awalnya yg tadi aku liat sekilas mereka lagi bertanding basket kok sekarang malah berantem. Aku dan temen temen yg lain langsung kembali ke lapangan berusaha melihat dengan dekat apa yg terjadi. Ada Bagas dan Josia yg terlihat lagi berantem di antara kerumunan orang, kebanyakan dari mereka bukan merelai malah asik nonton malah sampe ada yg ngerekam. Aku dan anak anak langsung merelai mereka, ada yg memegangi Josia dan ada yg memegangi Bagas. Chelsea dan Angel juga ada di sana merelai Bagas.
“Gas udah!” aku bilang
Dia sepertinya engga mau denger sampai akhirnya ada bu Okky datang ke tengah tengah lapangan. 
“Apa apaan ini?!” tanyanya murka
“Kalian, Bagas dan Josia ikut ibu ke ruang BP” tambahnya lagi
Semua bubar, ada sebagian anak yg kayaknya masih belom puas nonton atau bahkan ngerekam. Kemudian ku liat ada percikan percikan darah di lapangan, entah darahnya siapa – yg jelas tadi aku liat Bagas babak belur.

Aku engga tau apa yg di sidangin bu Ira di ruangannya terhadap Bagas dan Josia. Aku cuma bisa nunggu di luar aja bersama anak anak yg lain. Cukup lama aku menunggu di luar, sampai akhirnya mereka keluar.
“Gas kamu gak papa?” tanya ku khawatir
“Engga…” jawabnya males
“Ih kamu sampe babak belur begini” sambil nyentuh pelipisnya yg berdarah
“Engga papa koq ndai, bentar lagi juga sembuh”
“Sembuh dari mana, ya mesti diobatin lah. Sini aku obatin”
“Iya gas, mending diobatin dulu gih ama Cindai sana” ujar Gilang
“Iya gas, berdarah darah gitu tuh” tambah Dinda
Baru mau ngajak Bagas ke UKS lagi dan lagi Chelsea dan Angel dateng
“Gas, kamu engga papa?” tanya Angel
“Iya gak papa? Sini aku obtain” tambah Chelsea
Aku langsung berubah ekspresinya, dari yg antusias buat ngobatin Bagas sampe mendadak males banget.
“Eh chel, apa apaan sih lo. Kan Cindai duluan yg mau ngobatin Bagas” ujar Difa
“Apaan sih lo fa, emang Bagasnya mau apa diobatin ama Cindai” jawab Chelsea
“Yeeeee nyolotin banget loe, mending tanya Bagas nya deh mau diobatin ama siapa?” ungkap Novi buat pilihan
“Aduuuh udah deh kalian berisik banget. Tambah pusing tau gak?!” bentak Bagas kesal sambil menarik tanganku menuju UKS.
Jadi mungkin ini jawaban Bagas atas pertanyaan Novi, kami meninggalkan anak anak dengan Chelsea dan Angel. Engga sempat melihat ekspresi dua cewe itu tapi yg terdengar cuma omongan Novi yg terdengar dari jauh
“Tuh kan terbukti dengan siapa Bagas mau diobatin! Weeee”
Dan anak anak tertawa keras sekali, aku sebenernya masih pengen di sana, melihat mereka tertawa seperti itu pasti ada ekspresi lucu dari Chelsea dan Angel tapi tangan ini ditarik Bagas dengan kenceng menuju UKS.

-di UKS-
Sambil mengobati luka Bagas yg sepertinya tambah parah
“Aww sakit ndai, pelan pelan napa!” rintih Bagas
“Ops sorry sorry, sakit ya? tapi tadi berantem gak terasa sakit ya?”
“Lagian ngapain sih kamu berantem berantem kayak gitu lagi” tambah ku
“Loe engga ngerti ndai”
“Emang engga ada yg bisa ngerti kamu kalo kamu engga pernah cerita ke orang”
“Emangnya gue cewe apa yg suka cerita cerita gitu”
“Emang cewe doang yg suka cerita! Engga kali”
“Gue gak butuh cerita ke siapa siapa”
“Emang kamu bisa hidup sendiri kayak gitu?”
“Bisa!”
Agak engga setuju dengan jawaban dia.
“Yaudh nih obatin sendiri, engga butuh orang lain kan?” ujarku menyudahkan mengobatinya dan beranjak pergi
“Eh ndai tunggu dulu… yg ini belom diobatin. Aww!” melas Bagas sambil menarik tangan ku untuk tidak pergi
“Makanya hidup itu butuh orang, engga bisa idup sendiri kayak gitu” jawab ku sembari duduk lagi di sampingnya
“Iya iya… nih nih yg ini” sambil menunjukkan lukanya
Aku engga tega ngeliat Bagas kayak gini, babak belur kayak gini. Ini baru pertama kalinya aku bisa ngeliat dia sedeket ini. Semakin dekat dia terlihat semakin manis.

-Pulang Sekolah-
Rasanya sekolah hari ini lebih cepat, udah jam pulang aja. Mungkin karena ada kejadian tadi jadi belajar ku kurang focus dan pikiran kemana mana. Gimana keadaan Bagas abis aku obatin tadi, mudah mudahan dia semakin membaik – udah cuma itu aja yg ada di pikiran ku saat di kelas menjelang bel pulang sekolah.
Menuju bis sekolah yg membawa ku pulang, tiba tiba
“Cindai!” terias anak laki laki memanggilku dari kejauhan
“Hey Fatah, kenapa?” tanyaku ke Fatah yg ngos ngosan
“Tadi Bagas abis berantem lagi ya?” tanyanya
“Iya… dia gimana keadaanya sekarang?”
“Hmm engga tau, tadi kan jam terakhir dia engga masuk. Mungkin masih di UKS”
“Ah masa sih? Terakhir aku obatin dia di UKS dan sepertinya udah engga papa”
“Duh engga tau deh ndai, lagian kalo dia di kelas pasti juga diem aja. Gak mau cerita cerita”
“Iya kenapa sih dia? Misterius gitu jadi orang?”
“Misterius?! Hahaha misterius buat kamu jadi penasaran kan?” tanya Fatah ngeledek
“Hah? Hahaha ya engga gitu juga” jawab ku
Kami tertawa lepas, sepertinya Fatah tau banget perasaan aku kalo penasaran sama Bagas. Ternyata Fatah asyik juga diajak ngobrol, seru juga orangnya. Aku pikir anak anak kelas VII 1 rata rata seperti Chelsea, Angel ataupun Bagas eh tapi ada juga yg humoris kayak Fatah.
Tepat di depan bis yg akan mengantarkan ku pulang, ada Bagas yg sepertinya udah daritadi berdiri di deket bis.
“Hey gas, kamu ngapain di sini? Kok gak langsung naik?” tanya ku ke dia yg mukanya agak bête, bukan karena luka lukanya di muka tapi emang kayaknya lagi bête
“Ngapain kek terserah gue!” jawabnya ketus
Aku sih udah sangat terbiasa ngeliat tingkah Bagas yg begitu, sejak kapan sih dia bisa bersikap ramah ke orang orang – termasuk aku.
“Yaudah ndai, aku naik bis aku ya. bye!” ujar Fatah
“Yoo gas, gue cabut dulu ya!” ujar Fatah juga ke Bagas
“Ya tah, bye! Ati ati ya…” jawabku sambil senyum
Bagas engga merespon apapun ke Fatah, dia cuma mengangkat dagu nya. Seperti orang yg lagi puasa ngomong. Aku yg rasanya udah capek bilang ‘kamu kenapa sih jutek gitu?’ engga mau ngomong sepatah kata pun ke Bagas – langsung ngelengos pergi naik bis.
“Eh ndai, koq gue ditinggal sih?” teriak Bagas mengikikuti ku naik bis

-di Bis-
Duduk berdua sama Bagas di dalam bis, untung aja engga ada anak anak. Kalo ada habislah aku di ledekin.
“Heh!” tanya nya memecahkan keheningan di antara kita
“Apa?!” jawabku jutek
“Ih koq jutek gitu sih?!”
“Emang kenapa?”
“Harusnya gue yg jutek!”
“Dih kenapa gitu, emang kamu doang yg bisa jutek?!” tanya ku menatapnya
“Hmm yaa loe boleh jutek tapi jangan ke gue” jawabnya pelan banget, hampir engga kedengeran. Takut salah denger, aku minta Bagas mengulangi jawabannya itu
“Hah? Apa?!” tanyanya ku
“Engga papa!” jawabnya kembali jutek
“Oh” ucap ku singkat menyudahi pembicaraan
Sepanjang jalan kami diam aja, aku engga mau nanya apapun ke dia. Aku lagi capek dijutekin  sama dia tapi aku sesekali mencuri pandang melihatnya, memastikan apakah luka lukanya udah membaik dan keliatannya udah. Dia udah engga kesakitan lagi tuh, membuat ku lebih tenang.
“Eh koq diem aja sih” tanyanya
“Aku males ah dijutekin terus sama kamu” jawabku memancing
“Dijutekin apa? Emang gue selalu jutek apa sama elu?!”
Aku engga mau jawab, cuma liat dia ngomong dan kembali pandanganku kearah luar. Melihat luar dari kaca mobil yg dibasahi dengan air ac.
“Ndai…” ujar nya seperti mencari teman
“Hmmm” jawabku singkat
“Loe marah sama gue ya?! gue minta maaf deh kalo punya salah sama elo”
“Engga, kamu gak salah apa apa koq”
“Terus kenapa diemin gue gitu sih? Biasanya kan elo bawel”
“Lagi puasa ngomong!”
“Hmm…”
Kembali hening…
“Ndai…” ujarnya lagi
“Apa yg loe lakuin kalo ortu lo itu sering ribut di depan lo” tanya nya agak serius
Aku langsung melihat ke arahnya, dia cuma liat ke depan seperti sedang memikirkan sesuatu
“Emang kenapa gas?” tanya ku heran
“Engga papa” jawabnya sambil menatapku senyum
Hmm dia sepertinya udah mau terbuka tentang masalah yg dihadapinya tapi masih ragu untuk bercerita. Aku hargai keinginan dia mau bercerita dan aku juga engga mau maksa dia untuk terus bercerita tentang masalahnya.
“Aku emang engga pernah ngalamin kejadian itu tapi pasti rasanya sedih banget” ucar ku sambil menatap dia
Dia engga langsung membalas ucapanku, dia cuma mengembalikan tatapanku sambil senyum lirih “Iya sedih banget”
Sepanjang jalan itu aku hanya mendengarkan Bagas cerita tentang apa yg dialaminya di rumah, kenapa dia sampai engga betah di rumah, kenapa dia suka keluar malam seperti yg pernah aku liat. Itu semua karena orang tuannya yg sering ribut. Aku sih engga bisa nyalahin orang tuanya juga, pasti mereka punya alasan sendiri – tapi yang jelas aku seneng bisa jadi pendengar buat Bagas, tempat dia berkeluh kesah dan mudah mudahan ini bisa mengurangi beban Bagas dan dia bisa jadi lebih terbuka.
Sesekali aku liat ekspresi nya dia saat bercerita, terlihat jelas dia menahan emosi yg teramat dalam – seperti ingin menangis tapi tidak bisa menangis. Seperti ingin melakukan sesuatu tapi engga tau apa yg mau dilakukan. Mungkin ini juga sebabnya kenapa dia sering uring uringan gak jelas. Kini aku tau gimana perasaan dia… aku meraih tangannya, menggenggam, menatapnya senyum seperti sedang memberikan support dan memberitahu kalau aku selalu ada untuk dia…

-bersambung-

Label: ,



Older Post | Newer Post
Navigations!

Refresh About Cerpen Cerbung


Let's Talk!

Followers!


message?


The Credits!

Template by : Farisyaa Awayy
Basecode by : Nurynn
Full Edited : Tria