KakaTriaa Blog
Cerbung BaDai: part VIII “Ciyeee BaDai”

4/11/2013 @ 3:09 PM | 0 Comment [s]

Casts: Cindai, Bagas, Difa, Novi, Gilang, Dinda, Salma, Idola Cilik

Jadi seperti ini rasanya menjadi orang orang yg dipercaya sama seseorang. Bagas sepertinya memang mulai mempercayaiku, memberanikan dirinya untuk bercerita yg engga pernah dia lakukakn ke siapapun. Aku emang belum lama kenal dia, tidak selama anak anak mengenal Bagas, cuma melihat Bagas yg seperti ini aku jadi mengubah persepsiku yg salah tentang Bagas. Bagas tidak seperti yg dibilang anak anak, dia baik dan sangat baik hanya saja orang orang belum menyadari itu.
Perjalanan pulang menjadi tak terasa dengan mendengarkan cerita Bagas. Aku seneng dia mau berbagi bebannya ke aku, dia jauh lebih baik setelah cerita; seperti sebagian bebannya hilang separuh.
“Ayo ndai” Bagas mengulurkan tangannya membantu ku beranjak dari bangku ku
“Makasih ya ndai, udah mau dengerin gue cerita” ungkap Bagas di jalan menuju rumah
“Iya sama sama, aku seneng akhirnya kamu mau berbagi masalah kamu” jawabku senyum
Bagas membalas senyumanku, berjalan menuju rumah di siang hari yg tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu mendung. Langit sepertinya merestui kita berjalan bersama.

Aku belum bilang ya, kalo sore ini anak anak mau main ke rumah. Sebenernya sih ini rencana Difa dan aku, kita mau discuss bareng soal singing contest itu tapi sepertinya anak anak juga dengan senang hati menyumbang ide buat kita – so mereka juga mau ikut datang ke rumah ku.
“Cindai…” mereka semua di depan rumah
“Hay, tunggu bentar ya” aku menyapanya dari jendela kamar atas
Menuruni tangga, membuka gerbang untuk mereka yg lagi becanda canda di luar
 “Hay… sorry ya nunggu lama. Yuk masuk” sapa ku mengajak masuk
“Hay!” jawab mereka
“Eh ndai emang bener ya?” tanya Difa
“Hah bener apaan fa?” jawabku penasaran
Difa langsung disikut sama Novi, seperti memberi kode untuk tidak melanjutkan pertanyaannya itu.
“Aw! Apaan sih vi?!” rintih Difa
“Engga papa koq ndai, hehe” ujar Novi
“Ih kenapa sih?!” ujar ku penasaran
“Gpp! Ah Difa aja didengerin!” jawab Gilang
Dan mereka semua mengiyakan omongan Gilang itu, seperti lagi menutupi sesuatu dari ku. Difa pun yg tadi mau ngomong sesuatu mendadak jadi tak berdaya.
“Ndai, kamu sendirian di rumah?” tanya Dinda
“Iya din, mama jam segini masih di kantor” jawab ku
“Eh kalian mau minum apa?” tanya ku
“Ah udah gak usah repot repot ndai, entar kalo mau minum kita ambil aja masing masing di kulkas” jawab Gilang dan di iyakan sama yg lain
“Iya nyante aja, lagian kamu kan sendirian di sini. Entar malah ngerepotin” ujar Salma
“Ah engga papa kali biasa aja” jawabku

Di ruang tamu kami ngobrol, ngobrol – membahas lagu apa kira kira yg cocok buat dinyanyiin Difa dan aku. Ada beberapa saran dari anak anak, ada yg nyaranin lagu ini, itu, ini, itu, ini, itu sampai akhirnya…
“Ok! Baiklah aku mau nyanyi lagu ini aja” ucap Difa bangkit dari duduknya
“Apaan?!” jawab kompak melongok ke arah Difa yg penuh yakin
“Apaan ya…” jawabnya kembali duduk lemes
“Wooooooooo… kamfret!”  ujar Gilang sambil melempar bantal kursi ke Difa
“Woooooooooooo” anak ank juga engga mau kalah
Difa engga bilang apa apa, dia cuma nyengir kegirangan ngeliat kita kena tipu
“Ndai, itu di depan kayaknya Bagas deh” ucap Salma yg ngeliat Bagas dari jendela
“Ah mana?” jawabku
“Eh iya bener tuh Bagas, ciyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee” Novi mulai ngeledek
“Ciyeeeeeeeeeeeeee” diikuti anak anak
“Ndai, ada apaan sih sebenernya kamu sama Bagas?” tanya Gilang penasaran
“Kepo banget sih lang!” jawab Salma sembari mengusap mukanya
“Yeee apaan sih cuma nanya doang juga”
“Tuh kan bener, Bagas ama Cindai tuh pasti ada apa apa deh” ujar Difa lagi
“Yeeee sotoy banget kamu fa!” kali ini yg jawab Dinda
“Ciyeeeeeeeeeee” sekarang anak anak men’ciyeeeeeeekan Dinda dan Difa
“Eh apaan sih, orang lagi bahas BaDai juga!” jawab Dinda
“BaDai?!”
“Bagas Cindai. Hehehehehe” jawab Dinda nyengir
“Udah ndai, bukain sana! Kasian tuh Bagas diluar” ucap Novi
“Bagas mau ngapain ya kesini?” tanya ku heran sambil beranjak membukakan gerbang
“Gas!?” sapa ku menuju gerbang
Bagas yg sebelumnya engga liat kedatanganku, langsung berbalik melihat ku
“Kamu ngapain di sini?” tanya ku membukakan gerbang
“Hmmmmmmmmmmm cuma lewat doang” jawabnya
Aku yg engga terlalu percaya jawabannya, terus melihatnya penuh kecurigaan
“Heh! Kenapa sih? Geer banget lagian, ngapain gue ada di depan rumah loe kalo engga kebetulan!” jawabnya ketus
“Hmmm gitu?!” jawabku juga masih belum percaya
Bagas engga jawab pertanyaan ku, dia cuma mencari cari pandangan – entah apa yg ingin diliatnya, seperti orang bingung.
“Yaudah, mumpung ada di sini – masuk aja yuk?” ajak ku
“Lagi ada siapa? Kayanya rame banget, banyak sandal” tanyanya
“Lagi ada anak anak, lagi main. Yuk?”
“Ah engga ah… ngapain juga!”
“Ayolah gas…” ajak ku sambil memegang tangannya
“Ciyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee” terdengar ledekan anak anak dari pintu
“Tuh kan, males ah!” tolak Bagas lagi
“Udah lah, anak anak emang suka kayak gitu.Yuk?”

Akhirnya Bagas meng’iyakan ajakan ku untuk masuk. Sebenernya aku belum percaya kalo dia cuma lewat aja di depan rumah. Juga sebenernya, sebelum Salma ngeliat Bagas di depan tadi, aku udah melihatnya terlebih dahulu dan itu sepertinya bukan orang yg kebetulan lewat. Agak lama dia di depan, tapi engga berbuat apa apa – seperti lagi memantau sesuatu. Instingku mulai berjalan.
“Hay gas!” sapa anak anak ramah
“Hai” jawabnya jutek
Sepetinya aku harus menjaga kelakuan Bagas lagi di depan anak anak. Aku engga mau anak anak terus mikir kalo Bagas itu anak yg nyebelin. Aku meliriknya dengan tatapan tajam, dia sepertinya udah tau kode yg aku kasih – untuk bersikap ramah pada anak anak.
“Hay” sapanya lagi lebih ramah
Sekarang nambah satu lagi manusia di ruang tamuku, ramai sekali. Jarang jarang di rumah bisa seperti ini, biasanya yg ada hanya sepi dan sepi sendiri.
“Gas, loe tadi ngapain di depan? Bukannya masuk” tanya Gilang
“Ih siapa yg mau kesini, orang cuma lewat doang koq” jawabnya jutek
“Oooooooohhh cuma lewat…” jawab anak anak seperti ngeledek dan udah mulai terbiasa dengan sikap Bagas yg jutek
Anak anak saling lihat satu sama lain dan tertawa. Aku juga engga bisa nahan tawa ini, sampai sampai Bagas bête ngeliat kami seperti itu.
“Rese banget sih” ujar Bagas ngambek
“Udah lah gas, sensi banget sih. Anak anak kan cuma becanda” jawabku sambil senyum
“Tau nih lo, lagi dapet ya?” ledek Salma
“Dapet? Dapet apaan?” tanya nya heran
Kami perempewi perempewi (dibaca: perempuan) hanya liat liatan satu sama lain dan tertawa lagi. Dan Bagas keliatannya sangat bête, tapi dia lucu kalo lagi bête seperti itu. Dan ke’betean dia bertambah saat Gilang yg tadinya duduk di bawah kini naik ke bangku dan langsung duduk deket deket aku.
“Ndai bagus gak?” Gilang tiba tiba memamerkan sketsa nya. Aku juga baru tau kalo dia suka gambar
“Bagus lang, ini kamu buat sendiri?” tanya ku heran
“Iya lah… aku mau taro ini di mading ah tapi ini belum selesai, masih perlu polesan polesan akhir”
“Tapi itu doang juga udah bagus kok” jawabku merespon Gilang
“Eh lang lu ngapain sini duduk di sini” ucap Bagas marah tiba tiba yg melihat kedekatan aku dengan Gilang
“Yee kenapa? Gue kan ketua mading dan gue lagi bahas soal mading sama anggota gue” jawabnya tanpa beban
“Hmmmmm yaaaa itu kan kalo di sekolah!” jawabnya dengan nada tinggi
“Udah lah gas, gak usah marah marah terus. Gilang kan cuma minta pendapat aku” ujar ku mencoba meredamkan kemarahan Bagas. Dia engga bilang sepatah kata pun, cuma wajahnya bisa menggambarkan perasaannya saat itu kalau dia sangat bête.

Mikirin Bagas yg bête sih engga ada abisnya, tiap saat dia bisa bête begitu aja. Kebete’annya dia juga kadang engga jelas karena apa. Sementara kami masih melanjutkan pembahasan kami tentang singing contest itu. Dan akhirnya Difa dan aku udah putuskan kalo Difa bakal nyanyi lagunya Ungu; andai ku tahu dan aku nyanyiin lagunya BCL; cinta sejati.
Engga terasa udah malam, anak anak juga udah mau pulang…
“Ndai, aku balik dulu ya” ujar Gilang sambil memegang tangan ku. Sebenernya engga tau kenapa dia bisa se’aneh itu saat ada Bagas – dan anak anak pun senyum senyum aja ngeliat ke’anehan Gilang. Seperti mereka sudah merencanakan sesuatu yg aku engga tau.
“Iya, lang ati ati yg kamu. Yg lain juga” jawabku
“Bye…” semuanya dadah dadah ke arah ku
“Yaah sepi deh” ujarku
“Mau gue temenin?” ujar Bagas yg masih di rumah ku
“Kamu engga mau pulang emang?”
“Kalo loe nyuruh gue pulang ya gue pulang sekarang” jawabnya masih bête
“Ih masih bête ya? udah lah anak anak emang suka gitu tapi mereka asik asik loh”
“Loe deket banget ya sama Gilang?” tanya nya ragu ragu
“Hah? Gilang? Engga cuma Gilang aja sih, yg lainnya juga deket. Emang kenapa?”
“Gpp” jawabnya singkat

Jam udah menunjukkan pukul 7, waktunya makan malam sih cuma mama kan gak pernah masak di rumah, semuanya beli. Bagas kayaknya ngerti banget kalo aku laper, mungkin karena perutku juga udah kedengeran nyanyi nyanyi keroncong protol.
“Loe laper?” tanya nya
Cuma menjawab dengan anggukan kepala
“Nyokap engga masak?”
Cuma menjawab dengan gelengan kepala
“Ya udah sini gue yg masak”
“Hah? Emang kamu bisa masak gas?” tanya ku keheranan
“Yaa masak kecil kecil doang sih bisa, yuk?” Bagas mengajak ku ke dapur. Sebenernya ini agak aneh; siapa tuan rumah, siapa tamunya – siapa yg harusnya melayani siapa dan siapa yg harusnya dilayani siapa. Seperti di rumah sendiri, Bagas memasak dengan bahan bahan yg ada di kulkas. Aku juga engga pernah tau kalo dia bisa masak dan akhirnya masakannya pun jadi. Engga seperti di restaurant restaurant sih, cuma mie goreng yg dimasak dengan full bahan pelengkap, seperti telur, sayur sayuran, sosis dan semuanya dihias beautifully.
“Aku gak tau kalo kamu bisa masak” ucap ku heran
“Yeah a bit!” jawabnya sok Inggris
“But you did great!”
“Thanks”
Mencicipi masakan Bagas yg ternyata enak banget, padahal cuma mie tapi kenapa bisa seenak seperti ini. Aneh!
“Kamu engga makan gas?”
“Engga lah loe aja”
“Kok gitu, ini aja berdua yuk? Kamu juga masaknya kan banyak – aku mana abis segini”
“Engga ah ndai, loe aja”
“Udah… aku tau lagi kamu juga laper. Sini aku suapin” sambil melinting linting mie di garpu dan mencoba menyuapinya
“Aaaaaaa…” menyuapinya
“Apa apaan sih ndai”
“Udah tinggal Aaaaa doang juga” pinta ku memaksa dan akhirnya entah terpaksa atau engga, Bagas mau aku suapin.
“Tuh enak kan?”
“Enak lah masakan gue” jawabnya dengan mulut masih ful makanan
Uhuk uhuk uhuk uhuk…
“Makanya makan jangan sambil ngomong” sambil menyodori air putih dan puk puk punggungnya.
“Elu nya ngajak ngomong!”

CLEP...!!!

Tiba tiba lampu mati, baru pertama kali ini mati lampu selama tinggal di rumah ini. Suasana tiba tiba menjadi hening, yg tadinya ada suara tv kini sunyi dan gelap gulita.
“Yaaah gas, gelap…”
“Iya tau! Siapa bilang terang!?”

-bersambung- 

Label: ,



Older Post | Newer Post
Navigations!

Refresh About Cerpen Cerbung


Let's Talk!

Followers!


message?


The Credits!

Template by : Farisyaa Awayy
Basecode by : Nurynn
Full Edited : Tria